35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel (Alami & Modern)

Diposting pada

19. Mentimun, Gel Lidah Buaya dan Air LemonMentimun memiliki kadar air yang sangat tinggi, yang menjadikannya sebagai pelembab hebat untuk kulit Anda. Yang sangat hebat, mentimun memiliki semua antioksidan penting seperti vitamin A, B5, C, E, dan K, serta kandungan lainnya yang berfungsi untuk banyak hal, seperti mencegah penuaan dini, memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik (termasuk flek hitam di wajah).

Mentimun, Gel Lidah Buaya dan Air Lemon

Campuran mentimun, gel lidah buaya dan air lemon efektif untuk mengatasi masalah bekas jerawat dan flek hitam di wajah.Siapkan bahan dan alat:

  • 1 mentimun
  • ½ sdt gel lidah buaya
  • 1 sdm air lemon
  • Blender

Langkah-langkahnya:

  1. Blender mentimun hingga hancur.
  2. Lalu campurkan dengan gel lidah buaya dan air lemon di dalam sebuah wadah.
  3. Lalu oleskan hasil campuran tersebut sebagai masker wajah.
  4. Diamkan selama setengah jam.
  5. Lalu barulah membilas wajah kembali dengan air bersih.

Seberapa sering melakukan perawatan ini? Setiap hari.

20. Mentimun dan YogurtKombinasi antara mentimun dan yogurt dapat secara efektif untuk mengurangi flek hitam di kulit pipi Anda, selain itu juga dapat melembabkan kulit, menyehatkan kulit, dan membuat kulit lebih bercahaya.

Siapkan bahan dan alat:

  • 1 mentimun
  • 2 sdm yoghurt
  • Blender

Langkah pembuatannya:

  1. Blender mentimun dan yogurt sampai menjadi pasta kental.
  2. Oleskan pasta tersebut di kulit wajah Anda.
  3. Diamkan selama 40 menit.
  4. Bilas wajah dengan dengan air bersih kembali.

Seberapa sering? Setiap hari.PERINGATAN
Tidak ada risiko menggunakan mentimun secara eksternal, sehingga Anda bisa menggunakan bahan alami ini pada kulit tanpa keraguan.

21. Susu dan MaduSusu bisa menjadi penyelamat untuk kulit Anda, di dalamnya terkandung vitamin A dan biotin, yang mengatasi permasalahan kulit kering. Lalu ada vitamin D dan kalsium yang berfungsi untuk mendorong produksi kolagen di kulit Anda.

Susu dan Madu

Vitamin A dan B6 berfungsi untuk mengoptimalkan proses penumbuhan sel kulit baru. Asam laktat, vitamin D, dan vitamin B12 berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dari kulit Anda, dan mengatasi permasalahan segala jenis pigmentasi, termasuk bintik hitam.Selain itu, Anda bisa menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu, yang dikombinasikan dengan susu.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan:

  • 4 sdm susu
  • 2 sdm madu
  • Bola kapas

Langkah-langkahnya:

  1. Campurkan susu dan madu di dalam mangkuk. Kocok-kocok hingga tercampur rata.
  2. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan campuran tersebut ke kulit wajah.
  3. Saat mengoleskan, sembari pijat-pijat pada bagian flek hitam dengan gerakan melingkar.
  4. Diamkan wajah dalam kondisi demikian selama 10 menit.
  5. Lalu bilas wajah hingga bersih kembali.

Seberapa sering melakukan perawatan ini? Setiap hari.PERINGATAN
Jangan membeli susu yang berasal dari ternak yang disuntik dengan hormon (untuk meningkatkan produksi menyusui mereka). Hormon ini berdampak buruk pada kulit. Usahakan menggunakan susu organik untuk menghindari efek samping tersebut.

Bagi orang dengan kulit berjerawat jangan menggunakan susu, lebih baik gunakan yogurt.

22. Madu dan TomatMadu telah digunakan secara medis dan kosmetik sejak ribuan tahun lalu, seperti pada zaman mesir kuno. Madu bekerja sebagai pelembab dan pembersih kulit yang sangat baik, serta melawan jerawat dan segala tanda penuaan dini.

Madu dan Tomat

Madu bekerja untuk membersihkan semua sel kulit mati, dan mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru. Kombinasi madu dan jus tomat sangat baik untuk menghilangkan flek hitam pada kulit, dan menjaga kulit agar awet muda.

Siapkan bahan dan alat:

  • 1 sdm madu
  • 2 sdm tomat yang dihancurkan / diblender
  • Bola kapas

Langkah-langkahnya:

  1. Campurkan madu dan jus tomat di dalam sebuah wadah, hingga membentuk pasta.
  2. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan pasta tersebut ke bagian flek hitam di wajah. 
  3. Diamkan dalam kondisi demikian hingga mengering.
  4. Lalu bersihkan wajah kembali dengan air.

Seberapa sering melakukan perawatan ini? Dua kali dalam sehari.PERINGATAN
Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, hendaknya melakukan uji tempel sebelum melakukan perawatan dengan madu, hal ini untuk memeriksa bagaimana kulit Anda bereaksi terhadapnya.

Gunakan madu mentah atau organik, jangan menggunakan madu olahan.

23. Strawberry dan MaduStrawberry yang terlihat imut dan rasanya enak, ternyata bermanfaat untuk menghilangkan bintik hitam dan mencerahkan kulit. Di dalam Strawberry terkandung asam salisilat, yang merupakan bahan populer digunakan di banyak produk perawatan kulit, karena asam salisilat merupakan exfoliant yang hebat, dan efektif membersihkan sel kulit mati.

Strawberry dan Madu

Kandungan di dalam strawberry bekerja untuk melembabkan dan melembutkan kulit dari dalam. Kandungan asam alfa hidroksi berfungsi untuk mengelupas lapisan paling atas kulit, adapun asam ellagic berfungsi untuk mencerahkan kembali bagian flek hitam pada kulit.Siapkan bahan dan alat:

  • 4-5 buah strawberry
  • 1 sdm madu
  • Blender

Langkah-langkahnya:

  1. Blender buah strawberry hingga halus.
  2. Lalu campurkan strawberry tersebut dengan madu di dalam sebuah wadah.
  3. Campurkan kedua bahan alam ini hingga membentuk menjadi pasta.
  4. Oleskan pasta ke kulit wajah Anda.
  5. Lalu diamkan saja selama 40 menit
  6. Terakhir, cuci wajah dengan air hangat hingga bersih kembali.

Seberapa sering melakukan perawatan ini? Setiap hari (atau beberapa kali dalam seminggu).PERINGATAN
Sifat asam strawberry membuat kulit Anda lebih peka terhadap sinar UV matahari. Sehingga jangan lupa mengoleskan tabir surya ketika Anda akan keluar rumah.

Gunakan hanya strawberry organik. Stroberi non-organik bisa terkena paparan pestisida dan insektisida yang membahayakan kulit.

24. Suplemen Vitamin E

Banyak dermatologists menyatakan bahwa minyak vitamin E memiliki banyak manfaat besar bagi kulit, salah satunya adalah menghilangkan bintik hitam pada kulit. Inilah sebabnya viamin E umum ditemukan di banyak produk perawatan kulit.

Suplemen Vitamin E

Photo credit: Istockphoto.com | Gettyimages.comVitamin E merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan. Suplemen vitamin E juga bekerja untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Di dalam penggunaannya, minyak vitamin E tidak perlu dicampur dengan bahan lain. Yang Anda butuhkan adalah sebotol minyak vitamin E.

Cara penggunaannya, umumnya dengan mengoleskan beberapa tetes saja minyak vitamin E langsung ke titik flek hitam di kulit.

Pastikan jari Anda bersih saat mengoleskan. Perawatan ini dilakukan setiap hari, sebelum tidur.

Selain itu, Anda bisa memilih perawatan dengan suplemen kapsul Vitamin E. Siapkan sebuah kapsul vitamin E, ambilah minyak dari kapsul vitamin E tersebut (taruh ke jari Anda). Lalu gosokan pada bagian flek hitam di wajah.

Sebagai peringatan, beberapa orang bisa alergi terhadap minyak vitamin E. Lakukan uji tempel pada bagian lengan bawah Anda.

Karena vitamin E hadir dalam bentuk minyak tebal sehingga Anda jangan mencucinya, karena bisa menyebabkan wajah berminyak sepanjang hari. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menerapkan vitamin E di malam hari, menggantikan pelembab.

25. Lindungi Kulit dari Sinar MatahariSebelum pergi keluar rumah, disarankan agar Anda memakai tabir surya (anti UV). Hal ini penting untuk melindungi kulit tubuh, terutama dalam masalah flek hitam di kulit wajah.

Walaupun tubuh manusia membutuhkan vitamin D alami yang bisa didapatkan dari sinar matahari. Namun jangan sampai terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung.

Pada orang-orang berkulit cerah, terlalu lama berada di bawah sinar matahari, selain bisa terkena paparan radiasi UV, juga berisiko terkena penyakit kanker kulit.

Trik lainnya yaitu memakai topi lebar untuk melindungi tubuh (terutama wajah) dari sinar matahari. Perhatikan jam-jam saat matahari sedang bersinar dengan sangat teriknya.

26. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Untuk mencegah dan membantu menghilangkan flek hitam di kulit wajah, maka disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Strawberry Salah Satu Makanan Kaya Antioksidan

Photo credit: Pxhere.comPada jenis sayuran-sayuran, yaitu wortel, brokoli, kol, kubis, tomat, sawi hijau, lobak, dan paprika merah.

Pada buah-buahan, yaitu strawberry, blueberry, blackberry, anggur berwarna merah, apel, kismis merah, jeruk, plum, chery dan aprikot.

Pada jenis kacang-kacangan, yaitu kacang merah, almond dan kenari.

Pada jenis biji-bijian yaitu gandum dan beras merah.

Pada jenis bumbu dapur, yaitu jahe, cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, minyak kenari, dan minyak zaitun.

27. Minum Air Putih yang CukupAgar flek hitam bisa lebih cepat hilang maka perbanyak minum air putih. Minum air putih yang rutin bermanfaat agar metabolisme tubuh berjalan lancar, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghidrasi kulit, menyehatkan kulit, menghilangkan flek hitam pada kulit, dll.

Air Putih

Photo credit: Freegreatpicture.comMenghadapi masalah kulit apapun, maka selalu manfaatkan air putih untuk membantu mengatasinya, selain juga perlu melakukan perawatan-perawatan lainnya.

Bintik-bintik hitam pada kulit bisa memudar dan hilang jika Anda memenuhi asupan air putih.

Minum air putih akan mengoptimalkan proses membuang racun di dalam tubuh, manfaat ini termasuk dapat membersihkan kulit tubuh.

Dengan minum air putih, maka kulit akan lebih terlihat segar, cerah, lembab dan juga sehat.

28. Menghilangkan Flek Hitam dengan UapUap merupakan suatu cairan yang berbentuk gas, dihasilkan dari air yang dipanaskan sampai mendidih. Uap air seringkali dimanfaatkan dalam perawatan sauna, spa, steaming, dll.

Uap Air

Photo credit: Shutterstock.comUap bisa Anda manfaakan untuk membantu menghilangkan flek hitam. Anda hanya perlu meletakkan posisi wajah di atas baskom yang berisi air panas. Lakukan sekitar 5-10 menit hingga uap meresap pada wajah.

Jangan memaksakan diri jika sudah terasa terlalu panas. Selain itu, posisi wajah jangan terlalu dekat dengan sumber uap tersebut.

Lakukan perawatan sederhana ini secara teratur setiap hari. Perawatan dengan memanfaatkan uap air ini bisa berkhasiat untuk:

  • Mencerahkan kulit wajah secara alami.
  • Meningkatkan sirkulasi darah sehingga lebih banyak oksigen serta nutrisi yang mengalir pada wajah.
  • Menghilangkan bakteri, kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebihan pada kulit wajah. 
  • Mengeluarkan racun dari dalam kulit, bersamaan dengan keringat yang keluar di kulit wajah.
  • Menjadikan kulit wajah lebih segar dan bersinar secara alami.
  • Mencegah dan menghilangkan komedo secara alami.
  • Merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sehingga flek hitam pada kulit wajah akan menghilang secara alami.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kombinasikan air mendidih dengan bahan seperti mint, chamomile, garam, potongan buah lemon, dan lavender.

29. Krim PemutihKrim pemutih dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam yang tampak di kulit. Penggunaan krim atau lotion pemudar sangat simple dan mudah, hanya saja penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk. Pilih produk yang mengandung hydroquinone, kojic acid atau glycolic acid.

Produk dengan bahan-bahan tersebut bekerja secara efektif untuk mencerahkan kulit, yang aman digunakan jika sesuai aturan.

Hal yang perlu diketahui dalam penggunaan krim untuk memudarkan flek hitam ini, akan memerlukan waktu yang cukup lama.

Pada tulisan berjudul “How to Get Rid of Dark Spots on the Face” — Healthline.com menyebutkan bahwa salah satu pengobatan paling populer untuk mengatasi masalah flek hitam yaitu penggunaan krim mengandung hydroquinone. Food and Drug Administration (FDA) memberi aturan untuk membatasi konsentrasi penggunaan bahan aktif ini.Walaupun hydroquinone dianggap aman untuk digunakan dalam produk kosmetik, namun pembatasan hydroquinone harus dilakukan, karena bisa menimbulkan risiko buruk jika digunakan pada konsentrasi yang lebih tinggi.

Hendaknya penggunaan produk yang mengandung hydroquinone secara jangka pendek. Apabila di dalam penggunaannya menimbulkan iritasi, maka hentikan penggunaan segera.

30. Cukupi Kebutuhan TidurBaik-tidaknya pola tidur sangat mempengaruhi kondisi kulit tubuh. Saat tidur, terjadi proses regenerasi sel-sel di dalam tubuh, salah satunya sel kulit.

Tidur

Photo credit: Pixabay.comKurangnya tidur maupun terlalu sering bergadang, maka akan berdampak pada regenerasi sel kulit yang terhambat. Sehingga kurang tidur akan menyebabkan munculnya tanda penuaan dini, dan secara umum berpengaruh buruk pada kulit.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berusaha untuk menghilangkan flek hitam di wajah, maka cukupi kebutuhan tidur dengan baik.

31. Hindari Stres

Stres memang benar-benar bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara umum, termasuk kulit. Saat seseorang stres, zat radikal bebas yang berada di dalam tubuh akan berkembang dengan cepat.

Kondisi stres berkepanjangan menyebabkan knodisi kulit akan semakin buruk. Sehingga bagi Anda yang sedang berusaha menghilangkan flek hitam, maka hindari stres. Termasuk kurang tidur bisa menyebabkan stres.

32. Pilih Tabir Surya yang Tepat

Pada laman tanya-jawab Alodokter, seorang bernama Chindina Prilita Dewi bertanya, “Hallo dokter, saya ke mall mencari skin aqua untuk wajah, bulan lalu saya beli juga tapi yang spf 50, adapun yang saya beli sekarang spf 30, katanya itu untuk wajah berminyak, tapi kulit saya normal, kira-kira saya boleh menggunakannya atau tidak? Soalnya mahal belinya, apakah berpengaruh pada wajah saya?

dr. Prasetyo menjawab bahwa produk tabir surya (sunblock) berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari yang bisa memicu produksi melanin, yaitu pigmen penentu warna kulit, yang menyebabkan warna kulit menjadi gelap.

Kadar SPF (Sun Protection Factor) yang berbeda-beda disebabkan oleh lamanya waktu perlindungannya. Dimana perhitungannya berdasarkan dari setiap angka SPF.

Misalnya jika Anda menggunakan SPF 50, maka perlindungannya sekitar 500 menit (8 jam lebih). Adapun SPF 30 maka perlindungannya sekitar 300 menit.

Adapun kadar SPF yang lebih tinggi tidak terlalu berbeda manfaatnya dengan kadar SPF yang lebih rendah. Sehingga pemilihan kadar SPF disesuaikan dengan lamanya kebutuhan Anda.

Mengenai SPF berfungsi untuk wajah berminyak, hal ini mungkin terdapat tambahan kandungan lain pada produk tabir surya yang dibeli.

33. Laser Treatment (Perawatan Laser)Perawatan laser sangat bergantung pada kondisi warna dan ukuran flek hitam di kulit, serta seberapa dalam warnanya.

Perawatan laser umumnya memberikan hasil yang cepat. Frekuensi atau sesi perawatan juga tergantung pada kondisi flek hitam.

Laser Treatment

Laser Treatment | Photo credit: Wikimedia.orgHal yang penting diketahui bahwa dengan menjalani Laser Treatment maka akan menyebabkan kulit Anda menjadi sangat sensitif.

Sehingga sangat penting agar Anda selalu menyediakan tabir surya, serta hindari atau minimalisir berada di bawah sinar matahari langsung setelah melakukan Laser Treatment.

Pada laman tanya jawab bersama dokter yang berjudul “Laser Treatment for Dark Circles and Dark Spots on Face is Effective?” — Realself.com, seseorang bertanya: “Hai, saya gadis berusia 25 tahun. Saya memiliki bintik hitam di bawah mataku. Saya mencoba setiap pengobatan di rumah dan semua produk, namun belum membuahkan hasil. Saya ingin menyingkirkannya, saya terlihat buruk saat pergi bekerja, tolong beritahu saya?Pertanyaan ini dijawab oleh beberapa dokter, berikut di bawah ini pemaparannya.

Roy A. David, MD menjawab bahwa pengobatannya tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah hiperpigmentasi maka krim pemutih dengan produk tipe retinol bisa mengatasi masalah bintik hitam di wajah.

Shankar Lakshman, MD menjawab bahwa bintik atau lingkaran hitam di bawah mata mungkin berasal dari pembuluh darah yang mengalami masalah. Perawatan yang aman untuk menghilangkan bintik hitam adalah dengan menggunakan produk krim yang mengandung hydroquinone pada tingkat yang rendah. Anda perlu menghindari paparan sinar matahari saat menggunakan krim ini. Adapun beberapa perawatan laser bisa membantu, tapi saya selalu berhati-hati dengan laser, terutama di bagian dekat mata Anda. Semoga ini bisa membantu!

Kenneth B. Hughes, MD menjawab bahwa tingkat masalah seperti pada bintik hitam ataupun pigmentasi kulit tergantung pada kondisi kulit. Perawatan laser tertentu bisa menghilangkan flek / bintik hitam.

Apakah Perawatan Laser Aman?
Seorang  bernama Amna kkhan yang berumur 14 tahun bertanya: “Saya memiliki noda hitam di wajah saya. Apakah laser berbahaya bagi saya? Dokter menyarankan perawatan laser tapi keluarga saya tidak setuju, mereka berpikir bahwa laser sangat berbahaya untuk anak berusia 14 tahun.”

Michael Constantin Gartner, DO menjawab bahwa perawatan laser tidak berbahaya jika dilakukan dengan benar. Namun Anda bisa melakukan jenis perawatan lain, yaitu dengan menggunakan krim yang mengandung hydroquinone, yang diterapkan setiap hari. Ini bisa membantu Anda dalam menghilangkan flek hitam di wajah.

Chemical Peels merupakan jenis perawatan kulit yang melibatkan penerapan bahan kimia, yang bekerja agar kulit melepuh dan terkelupas, sehingga mengaktifkan sel regeneratif, lapisan yang baru dari kulit.

Perawatan kulit ini kedengarannya menakutkan, namun sebenarnya penggunaan bahan kimia tersebut tidak menimbulkan rasa sakit, hal yang kemungkinan terjadi adalah rasa sensasi kesemutan.

Penerapan Chemical peels bergantung pada tingkat warna dan kedalaman flek hitam. Selain itu, bahan kimia yang nantinya bekerja untuk mengupas kulit akan bervariasi.

Kondisi kulit superfisial akan menggunakan asam alfa-hidroksi seperti asam glikolat atau asam laktat. Kulit tingkat sedang akan menggunakan asam trikloroasetat. Kulit terkuat menggunakan fenol.

Jumlah sesi perawatan tergantung dari kondisi bintik hitam yang dialami. Kulit Anda akan menjadi sangat sensitif setelah menjalani perawatan Chemical Peels. Gunakan tabir surya ketika Anda keluar rumah.

35. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi sering digunakan untuk meremajakan kulit secara efektif, yang manfaatnya ini juga dapat menghilangkan flek hitam.

Mikrodermabrasi juga dilakukan untuk mengatasi masalah kulit bopeng, menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, menyamarkan garis halus wajah, dan menghaluskan kulit.

Walaupun memberikan hasil yang menjanjikan, mikrodermabrasi tidak boleh dilakukan untuk beberapa jenis kulit.

Mikrodermabrasi adalah tindakan sejenis pengelupasan (exfoliation) dengan memakai kristal-kristal mikro untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, dan merangsang proses penumbuhan sel kulit baru.

Efek Sampingnya
Karena mikrodermabrasi adalah praktik pengelupasan, hal ini bisa menyebabkan kulit terlihat kemerahan dan lebih sensitif dari biasanya.

Mikrodermabrasi bisa mengganggu bagi beberapa jenis kulit. Efek samping terburuk yaitu kemerahan yang utamanya di area mata yang merupakan tempat kulit lebih tipis dari area lainnya.

Pada sebagian kasus, perawatan ini bisa menyebabkan kulit berdarah. Hendaknya tidak memakai riasan apapun setelah mikrodermabrasi.

Kondisi kulit yang dilarang untuk melakukan mikrodermabrasi yaitu kulit yang baru terbakar sinar matahari, luka terbuka, eksim, dermatitis dan rosacea.