Menu Aman Diet untuk Ibu Hamil Yang Bisa Anda Coba

Diposting pada

Diet ibu hamil biasanya disarankan oleh dokter bagi ibu hamil yang mengalami masalah kegemukan atau kelebihan berat bada yang sangat signifikan pada waktu hamil. Suatu hal yang wajar jika ibu hamil mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan, karena ketika hamil ibu mengandung janin yang sedang berkembang di dalam rahimnya.

Sehingga jika diakumulasikan berat badan ibu dengan janin yang dikandungnya pasti akan lebih berat dibandingkan ibu ketika belum hamil. Akan tetapi melalui bantuan dari USG terkadang berat badan janin dapat diketahui berat badannya, sedangkan ibu mengalami kelebihan berat badan meski sudah diakumulasikan dengan berat badan janin yang ada dalam kandungan.

Akibatnya terjadinya kenaikan berat badan yang sangat drastis pada ibu hamil,dan akhirnya dokter pun menyarankan untuk melakukan diet ibu hamil agar mempermudah proses persalinan nanti. Oleh karena itu, ibu harus selalu mengandalikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Memilih makanan yang bernutrisi dan bergizi dengan kandungan kalori rendah merupakan solusi tepat bagi ibu hamil untuk tetap menjaga berat badannya. Karena banyak resiko yang akan terjadi jika membiarkan berat badan ibu semakin meningkat, seperti terhambatnya saluran oksigen pada janin di dalam kandungan yang menyebabkan terhambatnya juga pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Adapun diet yang aman selama kehamilan adalah sebagai berikut,

Diet waktu hamil bisa dilakukan dengan menjaga pola makan yang seimbang dan sehat. Asupan nutrisi serta gizi harus cukup untuk kebutuhan janin serta ibu hamil. Hal yang tidak boleh diabaikan ketika diet waktu hamil adalah jangan lupa untuk selalu sarapan karena apabila melewatkan sarapan maka pola makan anda pada saat makan siang tidak akan teratur. Mengatur pola makan serta asupan makanan bisa juga dilakukan dengan membuat daftar susunan diet makan serta daftar gizi yang seimbang untuk diet anda, hal ini tentunya bertujuan supaya konsumsi makanan atau asupan kalori harian bisa terjaga dan teratur.

Memilih makanan yang mengandung serat serta menghindari makanan yang manis serta berlemak merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan diet yang baik dan sehat ketika masa kehamilan. Makanan berserat akan membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. Membiasakan mengolah makanan sendiri dengan cara tidak digoreng tapi dikukus atau di panggang supaya tidak banyak lemak yang akan masuk kedalam tubuh. Makanan yang digoreng tentunya akan banyak mengandung lemak dan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh.

Minum air putih minimal 8 gelas perhari sangat baik untuk program diet yang sedang anda jalani, hal ini akan mengontrol rasa ingin makan yang berlebih. Selain itu, menjadikan buah-buahan sebagai pengganti cemilan sangat bagus sekali untuk program diet yang baik dan sehat yang sedang anda jalani.

Dalam arti yang sebenarnya diet itu mengatur atau memanajemen pola makan bukan mengurangi porsi makan. Konsep diet yang bisa diterapkan untuk ibu hamil itu adalah melakukan pembatasan terhadap asupan kalori yang kurang akan nutrisi supaya tidak berlebihan dan harus mencukupi semua unsur-unsur nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mencukupi kebutuhan protein harian sekitar 50% akan membantu program diet anda dalam mengurangi intensitas ngemil makanan yang banyak lemak atau kalori.

Menjaga tubuh agar tetap bugar dan berat badan tetap ideal selama kehamilan bisa anda lakukan dengan olahraga ringan dan yoga. Aktivitas ini akan membantu diet anda selama masa kehamilan sehingga berat badan anda tidak naik drastis.

Pandangan mengenai tidak boleh melakukan diet untuk wanita hamil itu kurang tepat. Pada waktu hamil sah-sah saja melakukan diet karena seperti yang dijelaskan tadi kalau diet itu bukan mengurangi porsi makan dan asupan nutrisi tetapi diet itu mengontrol atau memanajemen asupan makanan dan kalori dengan tetap memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang serta mencukupi untuk kebutuhan tubuh ibu hamil serta janin yang di kandung.

Sumber

www.solusisehatku.com

www.forumibuhamil.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *