3 Cara Khusus Diet Aman Ibu Hamil

Diposting pada

Kesehatan-Tubuh.Com – Pada masa kehamilan seorang ibu biasanya mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak dengan anggapan nutrisi yang masuk bukan hanyak untuk

kebutuhan ibu, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan janin yang tengah di kandungnya

Dan Seringkali tanpa disadari porsi makan berlebihan ibu hamil akan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Sehingga anggapan obesitas pada ibu hamil sebagai hal yang wajar masih banyak ditemui di masyarakat, padahal kenaikan berat badan yang terlalu tinggi di luar batas normal bisa menimbulkan resiko tertentu yang mungkin tidak disadari.

Kegemukan yang tidak normal akibat kurangnya kontrol saat mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan ibu hamil lebih rentan mengalami komplikasi selama kehamilan. Nah, dibawah ini kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai bahaya obesitas pada ibu hamil dan bagaimana cara mengatasinya.

Lantas, seperti apakah program diet alami bagi ibu hamil itu? Simak ulasan berikut:

Kurangi Porsi Makan

Pada dasarnya, porsi makan dari ibu hamil akan meningkat secara drastis seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Hal ini dikarenakan sang janin yang juga mengalami peningkatan dalam hal kebutuhan nutrisi.

Untuk itu, Anda harus bisa lebih pandai dalam mengatur porsi serta menu makanan agar bisa tetap memenuhi kebutuhan janin namun tidak menimbulkan masalah seperti timbunan lemak.

Meski demikian, jangan sampai hal ini membuat Anda mengurangi porsi makan secara drastis, karena bagaimanapun juga kecukupan nutrisi bagi sang janin adalah prioritas utama Anda.

Intinya, pandai-pandailah dalam mengatur porsi makan Anda. Akan lebih bijak jika Anda berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai kandungan dari setiap makanan.

Konsumsi Ikan Segar

Tips diet alami bagi ibu hamil yang kedua adalah dengan mengonsumsi ikan segar. Ikan segar itu sendiri merupakan sumber protein hewani yang sangat baik dikonsumsi selama kehamilan.

Selain dikarenakan protein bisa membantu untuk mengoptimalkan perkembangan otak janin, protein juga bisa membantu untuk menjaga berat badan agar tidak mengalami peningkatan secara signifikan. Anda bisa mencoba ikan tuna atau ikan salmon, namun pastikan untuk tidak menggorengnya.

Pasalnya, makanan yang digoreng mengandung banyak lemak yang hanya akan tertimbun di dalam tubuh. Sebagai alternatif, konsumsilah ikan dengan cara dikukus atau dimasukkan ke dalam oven.

Susu Rendah Lemak

Ibu hamil memang sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi susu karena penting untuk membantu pembentukan tulang dan gigi dari janin yang dikandung. Namun Anda juga harus selektif kala memilih jenis susu yang akan dikonsumsi.

Jika Anda memilih susu tinggi lemak atau jenis full cream, maka hanya akan membuat tubuh Anda mengalami peningkatan berat yang drastis. Maka dari itu, pilihlah susu yang rendah lemak. Untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan susu, gantilah dengan produk olahan susu lainnya seperti yogurt.

Perlu diperhatikan bahwa program diet di atas hanya bisa diterapkan jika Anda memang benar-benar mengalami peningkatan berat badan yang berlebih selama kehamilan.

Jangan memaksa untuk melakukan program tersebut, apalagi jika kelebihan berat badan yang Anda alami masih tergolong normal.

Pastikan pula bahwa sebelum Anda memutuskan untuk melaksanakan program diet alami bagi ibu hamil di atas, Anda sudah melakukan konsultasi dengan ahli kandungan. Selamat mencoba dan tetap jaga kondisi calon buah hati Anda.

Sumber:

www.laksani.com

www.arwini.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *