Manfaat Daun Jati Kering Untuk Diabetes Efek Samping dan Cara Mengolahnya

Diposting pada
Khasiat teh Daun jati emas maupun kering berguna mengatasi masalah kolesterol dalam tubuh. Kandungan tannin, saponin dan quercetin pada daun jati Cina  dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Ilmiahnya, quercetin bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim lipase sehingga proses metabolism pilid bisa kekerja secara maksimal. Kandungan saponin berfungsi untuk menghilangkan plak pada pembuluh darah penyebab darah tinggi dan melebarkan pembuluh darah sehingga peredaran darah keseluruh tubuh tetap lancar. Sedangkan kandungan tannin untuk menghambat penyerapan nutrisi sehingga lemak tidak diserap oleh tubuh. Lemak yang tidak diserap akan keluar berupa feses.

3. Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan darah sehingga membuat tubuh penderita anemia lemas, pusing dsb . Teh Daun jati Cina bisa Anda coba untuk mengatasi penyakit anemia tersebut. Penyakit anemia disebabkan karena berkurangnya kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen dalam darah

4. Hipertensi

Daun jati mengandung senyawa saponin yang berguna untuk antioksidan yang bersumber dari luar tubuh. Hipertensi atau tekanan darah tinggi tersebut dapat Dinormalkan kembali dengan meminum rebusan teh daun jati Cina.

5. Asma

Dikutip dari hellosehat, Daun pohon jati memiliki manfaat untuk mengurangi dan mencegah asma. Goswami et al., (2010) melakukan penelitian menggunakan model binatang. Dan dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak dari daun tanaman jati memiliki efek signifikan sebagai anti asma.

6. Obat Cacingan

Daun dari pohon jati dipercaya dapat melawan infeksi parasit seperti cacing. Guraraj et al., (2011) menemukan bahwa ekstrak dari daun jati dapat dimanfaatkan untuk mengobati cacingan.
Penelitian dilakukan dengan menentukan waktu kelumpuhan dan kematian cacing terhadap obat standard piperazine citrate. Hasilnya, daun pohon jati memiliki efek yang cukup ampuh seperti piperazine citrate  dalam melawan cacing penyebab penyakit.

7. Agen diuretik

Daun pohon jati dipercaya dapat membantu diuretik dalam tubuh sehingga Anda akan menjadi lebih sering buang air kecil. Menurut Phalphale (2013), aqueous extract dari daun pohon jatilah yang memiliki efek diuretik tersebut.

8. Kesehatan Kulit

Daun pohon jati dapat dimanfaatkan sebagai agen antiradang pada kulit. Anda bisa mengambil sari daun tanaman jati dengan cara diperas atau digerus. Setelah itu, perasan daun jati bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit kulit karena peradangan, misalnya jerawat. Daun ini juga bisa membantu mengatasi kulit yang terasa gatal.

9. Menurunkan berat badan atau diet

Teh daun jati cina bisa menurunkan berat badan. Manfaat Teh daun jati memiliki kemampuan utama untuk meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh. Hal ini menjadikannya sebagai pelangsing alami yang bisa membantu menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar (BAB), mencegah obesitas (kegemukan), mengurangi selulit dan menurunkan kolesterol jahat. Untuk meminum harus diatur. Aturan minum teh jati Cina celup untuk diet Anda harus teratur agar mendapat efek yang maksimal baca juga Manfaat Buah Sirsak

10. Daun Jati Cina Kaya Antioksidan

Daun tanaman jati mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh dalam melawan radikal bebas. Ramachandrana et al., (2011) menemukan bahwa komponen phenolicpada daun tanaman jati memiliki agen antioksidan yang sangat baik. Radikal bebas sendiri bisa menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker serta penuaan dini.

11. Mempercepat Penyembuhan Luka

Menurut Majumdar et al., (2007), bagian depan daun pohon jati dapat digunakan sebagai penyembuh luka, terutama pada luka lepuh atau luka bakar.
Penelitian ini mengevaluasi ekstrak hydrochloric dari daun jati pada tikus. Didapatkan hasil bahwa daun pohon jati dapat mempercepat perbaikan sel-sel dan jaringan-jaringan kulit yang rusak sehingga luka lebih cepat sembuh.

12. Menumbuhkan Rambut

Ragasa et al., (2008) menemukan bahwa minyak dari daun jati dapat dipakai untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Kemudian Jaybhaye et al., (2009) juga menemukan bahwa biji dari tanaman jati ini dapat digunakakan sebagai hair tonic. Jadi buat Anda yang ingin punya rambut panjang, mengalami rambut rontok, atau melawan kebotakan, Anda bisa memetik manfaat daun jati buat rambut.

13. Daun Jati Cina Anti Jamur

Astiti dan Suprapta (2012) menilai aktivitas antijamur pada ekstrak daun pohon jati melawan jamur jenis A.phaeospermum. Daun jati kering diambil sarinya oleh para peneliti ini. Ternyata, hasilnya menunjukkan bahwa daun pohon jati berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan jamur.

14. Mengatasi Sembelit atau BAB

Daun pohon jati dapat digunakan sebagai laksatif atau pencahar alami. Daun dari pohon jati ini bekerja untuk merangsang dan mendorong keluarnya feses (kotoran) dari usus Anda. Karena itu, Anda yang sedang SEMBELIT bisa meminum ramuan teh daun jati Cina kering

15. Menangkal bakteri berbagai penyakit tubuh

Peneliti menemukan bahwa daun pohon jati memiliki karakteristik untuk melawan Listeria monocytogenes yang banyak terdapat pada makanan dan merupakan bakteri penyebab listeriosis. Selain itu, daun pohon jati juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan bakteri penyebab infeksi lain.

Cara Mengolah Daun Jati Cina

Cara minum teh jati Cina Anda bisa mengolah daun jati Cina sebagai minuman teh untuk menjaga kesehatan badan dari berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, diet badan dll sebagai berikut :
1. Ambil daun jati Cina kering yang siap diolah. Sebelumnya Anda harus mengeringkan terlebih dahulu dengan di jemur di bawah Sinar matahari.
2. Rebus daun jati Cina kering tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas atau Anda bisa menyesuaikan sendiri
3. Lalu seduhkan dalam gelas, dan minum rebusan teh daun jati tersebut pada pagi hari

EFEK SAMPING DAUN JATI

Setelah mengetahui Akan manfaat daun jati kering , muncul pertanyaan. Teh daun jati amankah? Walaupun teh daun jati bisa menurunkan berat badan, mengobati diabetes, kolesterol, diet dsb tapi ada efek sampingnya yang harus Anda ketahui berikut :

  1. Mual-Mual atau Muntah
 -Mengkonsumsi teh daun jati secara berlebihan dan jangka panjang beresiko menyebabkan tekanan pada otot perut dan mencederai jaringan perut sehingga menyebabkan seseorang perutnya menderita mual dan muntah muntah.
  2. Diare – Zat pada teh daun jati memilki sifat sebagai pelunak feses dan mempercepat penggilingan makana dala sistem pencernaan. Efek pencaharnya dapat dapat menyebabkan seseorang terlalu sering buang air besar. Makanya daun jati Cina sering dimanfaatkan manusia untuk mengatasi masalah sembelit
  3. Gangguan Ginjal – Meminum rebusan daun jati Cina secara berlebihan dapat merusak ginjal Anda .

Tags: daun jati Belanda rahim kering, teh celup jati Cina, teh jati Cina untuk diet, cara kerja teh jati Cina, khasiat pucuk daun jati manfaat daun jati Belanda untuk diabetes, cara mengolah daun jati belanda, manfaat daun jati jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *