Kiat-Kiat Praktis Mencegah Jerawat

Diposting pada

· Hindari makanan berkadar gula dan karbohidrat prosesan tinggi seperti donat, cokelat batangan, roti manis, dan sebagainya. Gula dan karbohidrat prosesan memperparah kondisi jerawat.

· Perbanyak makanan kaya serat seperti buah dan sayur. Serat membantu metabolisme tubuh dalam proses pembuangan racun.

· Ada mitos yang mengatakan bahwa orang yang sering berjerawat tidak boleh makan makanan berlemak. Mitos ini tidak benar karena lemak merupakan elemen yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, ada lemak yang bersifat baik dan yang kurang baik. Hindari lemak yang berasal dari makanan yang digoreng dan konsumsi lemak yang berasal dari bahan alami seperti kacang-kacangan atau ikan.

4. Jaga kebersihan barang-barang yang menyentuh wajah

Meskipun Anda telah berhasil tidak menyentuh wajah dengan tangan, tetap saja ada barang-barang yang menyentuh wajah sepanjang hari. Perhatikan agar barang-barang ini tetap bersih dan tidak membantu penyebaran kuman di wajah Anda.

· Ganti seprai dan sarung bantal sekali seminggu. Penelitian menunjukkan bahwa seprai dan sarung bantal mengandung kuman yang bisa menyebabkan dan memperparah jerawat.

· Bersihkan ponsel pintar Anda sesering mungkin dan hindari menggunakannya di toilet. Jika memungkinkan, gunakan kabel handsfree agar Anda tidak perlu menempelkannya ke wajah.

· Jika Anda memiliki rambut panjang, jaga kebersihannya dan pastikan rambut tidak menempel di wajah karena rambut berpotensi memindahkan debu ke kulit wajah.

· Bersihkan kuas make up dengan produk berbasis alkohol untuk membunuh kuman. Jangan lupa juga membersihkan gagang kaca mata dan mencuci baju berkerah tinggi dan syal secara rutin.

Mencegah agar jerawat tidak muncul atau datang kembali membutuhkan usaha, namun ketika Anda telah menjadikannya sebagai kebiasaan, hal ini tidak akan terlihat berat. Apalagi jika Anda melihat hasilnya setelah beberapa minggu.

Akan tetapi, ketahuilah bahwa ada jerawat yang bersifat hormonal dan tidak bisa disembuhkan dengan kiat-kiat di atas. Jenis ini sering disebut jerawat batu dengan ciri-ciri besar, merah, dan menutupi sebagian besar permukaan wajah. Meskipun begitu, Anda tetap di dianjurkan mengikuti kiat-kiat kami ini dan berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.